SDN 3 Lemba Terapkan Metode Outdoor Study Guna Berdayakan Green House Sebagai Media Pembelajaran -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

SDN 3 Lemba Terapkan Metode Outdoor Study Guna Berdayakan Green House Sebagai Media Pembelajaran



NARASI.ID, SOPPENG - SDN 3 Lemba terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan. Salah satu metode yang sering dilakukan yakni pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study).

Tujuannya tidak lain untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

"Meski keberadaan SDN 3 Lemba berada di titik pusat kota Soppeng, kami akan terus berupaya menyediakan media pembelajaran bagi peserta didik sesuai kebutuhan, khususnya pengadaan kebun mini atau green house. Anak di perkotaan juga perlu tahu lebih jauh tentang tanaman dan perkebunan," kata Kepala UPTD SPF SDN 3 Lemba, Falmunadi, Sabtu (31/08/24).

Pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas atau sekolah dengan memberdayakan Green House sebagai media pembelajaran bagi seluruh peserta didik.

Lebih lanjut Falmunadi katakan, metode pembelajaran di luar kelas yang diterapkan oleh guru kelas merupakan upaya mengajak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, yaitu alam dan masyarakat.

"Peserta didik diarahkan untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar," ungkap Kepsek tersebut.

Menurutnya, lingkungan sekolah merupakan salah satu penunjang belajar peserta didik, dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Diharapkan dapat mendorong kesadaran bagi waefga sekolah untuk menciptakan suatu kondisi yang nyaman untuk belajar, sambungnya saat dikonfirmasi.

"Mengedukasi pendidikan lingkungan hidup tidak cukup hanya teori melainkan dibutuhkan aksi nyata agar siswa mampu berperan aktif untuk mencapai tujuan pendidikan," pungkas Kepsek 3 Lemba tersebut. (Nal)