Melalui Kick Off ILP, Pemkab Soppeng Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Puskesmas -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Melalui Kick Off ILP, Pemkab Soppeng Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Puskesmas



NARASI.ID, SOPPENG - Dinas Kesehatan Kab. Soppeng melaksanakan Acara Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) Tingkat Kabupaten Soppeng bertempat di Puskesmas Takalalla, Kabupaten Soppeng, Kamis (18/07/24).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Hj. Andi Maria Razak, SE dalam laporannya menyampaikan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer merupakan upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat, mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat Dusun/RT/RW serta penguatan pemantauan wilayah
setempat.

"Diharapkan seluruh masyarakat akan mendapatkan kemudahan akses serta pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas", ujar Andi Maria Razak.

Kegiatan ini dimaksudkan pula untuk memperteguh komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng dan Lintas Sektor dalam memberikan pelayanan yang terbaik sesuai semangat dan nafas pemerintahan sesuai Visi Bupati Soppeng “SOPPENG YANG MELAYANI, MAJU DAN SEJAHTERA 2024”.

Pada tahun 2024 ini, lanjut Kepada Dinas Kesehatan, seluruh Puskesmas di Kabupaten Soppeng akan menjadi lokus pelaksanaan ILP dengan 1 Pustu dan 1 Posyandu per Puskesmas yang telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Soppeng Nomor 162/III/2024 Tentang Penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Pada UPTD Puskesmas, Pustu dan Posyandu Tahun 2024.

Sambutan Perwakilan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, H. Iwan Halwani, SKM, M.Si., kesehatan merupakan hal yang penting dalam menjalankan kehidupan dan keseharian kita. Jadi, marilah kita hidup sehat serta makan makanan yang sehat dan jika ada gangguan sedikit segeralah lakukan screening untuk mengetahui kondisi kesehatan kita sehingga dapat segera ditangani.

Kami di Kementerian Kesehatan selalu berusaha memberikan support untuk pembangunan kesehatan di Indonesia khususnya di Kabupaten Soppeng. Kami akan melengkapi peralatan dan laboratorium puskesmas, sesuai dengan aturan yang berlaku di Kementerian Kesehatan.

"Terkait pelaksanaan ILP ini diharapkan dukungan dari semua SKPD seperti mewajibkan setiap bulan pegawainya untuk melakukan screening, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati", harap Iwan Halwani.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE., dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan secara pribadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Dr. Iwan Halwani, SKM, M. Si atas kehadirannya di Kabupaten Soppeng sebagai upaya mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara terintegrasi, sehingga cakupan dan layanan kesehatan primer semakin optimal.

"Saya berharap kegiatan kick off ini, akan mampu menguatkan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, sehingga transformasi sistem layanan yang dilakukan mampu berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya dalam aspek kesehatan", ujar Bupati 2 periode ini.

Di Kabupaten Soppeng, Lanjut Kaswadi, dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat, kami menyediakan menyiapkan pelayanan PSC (Public Safety Center) di setiap Kecamatan dengan harapan masyarakat Kab. Soppeng dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik.

"Hal ini kami lakukan karena kesehatan merupakan aspek yang sangat vital dalam kehidupan kita", ungkapnya. 

Tanpa kesehatan yang baik, segala upaya pembangunan dan kemajuan akan terhambat. Oleh karena itu, melalui acara ini, kita berkomitmen untuk terus meningkatkan integrasi pelayanan kesehatan primer guna memberikan pelayanan yang terbaik dan akan terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Soppeng.

"Semoga integrasi pelayanan kesehatan primer di Kabupaten Soppeng dapat memberikan dampak positif yang besar bagi kesejahteraan masyarakat", ujar Bupati Soppeng.

Acara dilanjutkan penandatanganan Komitmen Bersama Lintas Sektor oleh Bupati Soppeng, para stakeholder dan seluruh pemangku kepentingan se Kab. Soppeng sebagai bentuk dukungan penuh dalam pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Kab. Soppeng.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, perwakilan Anggota Forkopimda, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, para Kepal SKPD, para Camat, Kepala Desa/Lurah dan para Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Soppeng. (Nal)