Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi MHU FDK UINAM Gelar Bimbingan Manasik Haji -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

#

Iklan Halaman Posting

Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi MHU FDK UINAM Gelar Bimbingan Manasik Haji



NARASI.ID, SOPPENG - Program Studi (Prodi) Manajemen Haji dan Umrah (MHU) menggelar pengabdian masyarakat Bimbingan Manasik Haji dan Umrah yang berkolaborasi dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Ifadah, Kabupaten Soppeng, pada hari Kamis (09/05/2024).

Kegiatan yang digelar di Aula Al Ifadah ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan oleh Prodi MHU sebagai bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapan masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Ketua Prodi MHU, Dr Hj Asiqah Usman Ali Lc,l M Th I menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada calon jamaah agar mereka lebih siap dan mandiri saat menunaikan ibadah haji dan umrah.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para calon jamaah dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk dan tertib," ungkapnya.

Selain memberikan materi tentang tata cara pelaksanaan haji dan umrah, acara ini juga diisi dengan simulasi manasik yang dibimbing oleh para dosen dan mahasiswa Prodi MHU.

Simulasi ini mencakup berbagai rangkaian ibadah, mulai dari tawaf, sai, hingga tahallul, sehingga peserta diharapkan dapat merasakan langsung pengalaman yang mirip dengan situasi di tanah suci.

Kepala KBIHU Al Ifadah, H Zainuddin mengapresiasi tinggi kegiatan ini. Ia menyampaikan bahwa kolaborasi dengan Prodi MHU sangat membantu dalam meningkatkan kualitas bimbingan yang diberikan kepada calon jamaah.

"Kerjasama ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal memperdalam pemahaman calon jamaah tentang aspek teknis dan spiritual dalam ibadah haji dan umrah," jelasnya. 

Salah satu Pengurus KBIHU Al Ifadah, Hj Andi Asyura mengaku sangat terbantu dengan kedatangan Rombongan Prodi MHU yang dikomandoi langsung oleh Wakil Dekan II FDK, DR Rahmawati Haruna. (Nal/UIN Alauddin Online)